Saturday, January 15, 2011

puisi 2

Assalamualikum Wr, Wb

Pertama –tama kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allos SWT yang telah memberikan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan berbahagia di kampus …….yang megah ini.

Dan semoga sholawat serta salam senantiasa ercurahkan kepada Nabi besar Muhammad Saw beserta keluarnyanya, sahabat-sahabatnya serta seluruh umatnya yng sholeh dan sholeah

Bapak ibu juri dan hadirin yang saya hormati

Sebelumnya perkenankan saya berdiri di hadapan bapak ibu saudara untuk memberikan orasi dalam rangka perlombaan orasi tingkat SLTA di kampus …. Yang megah ini. Dan pada kesempatan berbahagia ini saya akan memberikan orasi berjudul” Pemanasan Global”

Bapak ibu Juri dan hadirin yang saya hormati..

Pada saat kita semua pasti sudah tahu tentang permasalahan penting yang sedang melanda kehidupan bumi kita tercinta ini. Permasalah penting tersebut adalah terjadinya pemanasan global di bumi kita.

Tapi apakah bapak ibu dan hadirin paham serta mengerti apa itu sebenarnya pemanasan global itu.

Secara umum pemanasa global atau global farming dapat diartikan kejadian peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi yang di akibatkan oleh aneka gas yang dibuang dari aktivitas manusia. Jadi. Terus apakah kita tahu penyebabnya….. mungkin apa yang kita lakukan merupakan salah penyebab terjadinya pemanasan global walaupun kita tidak menyadarinya. Contohnya: pengunaan bahan bakar dari fosil yang tidak ramah lingkungan, terus pembakaran sampah yang tidak terkendali, kemudian penebangan hutan yang tidak terkendali serta penyebab-peyebab lainnya.

Kemudian kalau kita bertanya apakah yang dampak atau akibat dari terjadinya pemanasan gobal?

Jawabannya adalah Dampak terjadinya pemanasan global sangat banyak dan sangat mempengaruhi tatanan kehidupan planet kita. Contoh yang sudah terasa mulai dari sekarang adalah cuaca lingkungan kita yang semakin panas dibandingkan 5 atau 10 tahun yang lalu, kemudian terjadinya beberapa fenomena alam yang tidak rasional dengan teori keilmuan. Misalnya banjir bandang yang merajalela dimana-mana, angin putting beliung, semburan gas, dan curah hujan yang sangat tinggi pada saat yang seharusnya bukan musim penghujan.

Dan dampak kedepannya apabila pemanasan global semakin tidak terkendali bukan mustahin seluruh dunia akan tertutup oleh air yang diakibatkan melelehnya es di kutup utara dan selatan yang meyebabkan ketinggian air laut meninggkat tajam.

Kita harus menyadari bahwa ini merupakan tanda alam yang menunjukan planet yang kita cintai sedang mengalami proses kerusakan yang menuju kearah kehancuran.

Sungguh ssesuatu hal yang tidak sanggup kita bayangkan sebelumnya..

Bapak ibu juru dan hadirin yang saya hormati..

Mulai sekarang marilah kita berbuat sesuatu walaupun kecil tapi ikut berperan dalam usaha penyelamatn dunia dari pemanasan gobal.a amisalnya dengan mengendalikan polusiudara dari asal kendaraan, pembakaran sampab, menghijaukan kembali hutan yang gundan dan lain-lainnya. Serta kita selalu berdoa kepada Alloh Swt agar alam yang kita tempati masih mau bersahabat dengan kita.

Bapak ibu juru dan hadirin yang berbahagia

Cukup sekian orasi dari saya maohan maaf bila ada salah kata. Di akhiri 3 kata yang harus kita dtanam dalam dada yaitu “ selamatkan bumi kita “ wassalamualaikum wr.wb

No comments: